Menghindari Craving Saat Berhenti Merokok

Hari ni tuh sebener’y sii lg nyari” yang sesuatu bgt.. tp kaya’y kedaleman bgt yang akhir’y dpt ni bacaan y mudah”n bisa bermanfaat bagi semua khusus’y buat gue jg.. yaa lumayan lah.. persiapan bwt bener’ berenti ngrokok ( pdhl niat’y sii msh segede upil kuku :D ). Tapi mudah”n ajj berawal dr ketikan punya org laen y gue copas gue bisa brenti ngrokok.. amin ya rabb.. :)

Cikidot nyok..

Gejala ketagihan atau disebut juga dengan craving dapat terjadi pada saat kira berusaha untuk berhenti merokok. Walaupun keinginan untuk merokok kembali sangat kuat, tetapi sebenarnya hal ini hanya berlangsung selama beberapa menit & akan berhenti dengan sendirinya, baik merokok ataupun tidak. Setiap kali anda berhasil mengehntikan gejala ketagihan merokok ini, maka akan semakin dekat usaha anda untuk berhasil berhenti merokok.


Walaupun demikian rasa ketagihan tersebut juga dapat melemahkan niat untuk berhenti merokok, untuk mengatasinya berikut adalah 10 cara untuk menghentikan gejala ketagihan saat berhenti merokok :

1. Menunda
Apabila anda merasa keiinginan untuk merokok kembali sangat kuat, yakinkan pada diri sendiri untuk menunda kesempatan merokok tersebut selama 10 menit, sambil terus menyibukkan diri. Trik ini dapat mengalihkan perhatian anda dari keinginan untuk merokok & ulangi setiap merasakan ketagihan tersebut.

2. Jangan berpikir ‘kan, Cuma 1 batang’
Bisa saja anda tergoda untuk merokok 1 batang hanya untuk menghentikan gejala ketagihan tersebut, tetapi jangan bodohi diri sendiri karena yang sebenarnya dari 1 akan mudah untuk bertambah menjadi 2 dst.

3. Hindari pencetus
Keinginan untuk merokok biasanya akan semakin kuat apabila sedang berada dalam situasi yang biasanya aktifitas merokok dilakukan. Dengan mengidentifikasi faktor tersebut, maka dapat dicarikan penggantinya. Misalnya bila anda terbiasa untuk merokok sehabis makan, maka mengunyah permen dapat dilakukan untuk menggantikan aktifitas merokok.

4. Aktif secara fisik
Aktifitas fisik dapat membantu mengalihkan rasa ketagihan merokok & mengurangi intensitas ketagihan tersebut. Olahraga ringan yang dilakukan selama 30 menit dapat membuat keinginan untuk merokok kembali menjadi hilang. Kegiatan seperti jalan, berlari ataupun bersepeda. Jika anda tidak terlalu tertarik dengan aktifitas fisik, maka kegiatan lain dapat dilakukan untuk menggantikan.

5. Melatih teknik relaksasi
Menghadapi ketagihan merokok merupakan aktfitas yang dapat berujung kepada stress, padahal dimasa lalu mungkin saja cara anda untuk mengatasi stress adalah dengan merokok. Untuk mengatasi stress tersebut maka teknik relaksasi dapat dilakukan, latihan ini termasuk latihan pernafasan, relaksasi otot, yoga, visualisasi, hypnosis & pemijatan.

6. Dukungan orang lain
Carilah dukungan untuk membantu anda mengatasi rasa ketagihan merokok, bisa dari keluarga, teman, support group di internet dll. Dengan melakukan aktifitas bersama seperti berjalan, diskusi ataupun curhat dapat semakin menambah alasan untuk berhenti merokok & meningkatkan kepercayaan diri bahwa anda dapat berhenti merokok.

7. Ingat manfaat dari berhenti merokok
Tulislah hal-hal yang membuat anda ingin berhenti merokok & bertahan terhadap rasa ketagihan untuk merokok kembali. Hal-hal tersebut dapat berupa perasaan yng lebih nyaman, kondisi tubuh yang lebih sehat, menghindari orang terdekat anda menjadi perokok pasif atau untuk berhemat.

8. Aktif di internet
Bergabunglah dengan grup atau milis-milis yang mendukung aktifitas berhenti merokok atau membaca tips-tips di blog orang yang telah berhasil berhenti merokok. Atau anda juga dapat menuliskan cara atau kiat anda untuk berhenti merokok yang siapa tahu dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

9. Cari pengganti rokok
Beberapa produk yang dimaksudkan untuk digunakan sebagai produk pengganti rokok dapat dicoba untuk menghilangkan rasa ketagihan merokok. Produk-produk tersebut antara lain koyo nikotin, permen karet nikotin, ataupun permen hisap nikotin. Produk-prosuk tersebut dapat dibeli tanpa resep dokter. Selain produk diatas ada juga beberapa produk seperti Nicotine nasal spray dan nicotine inhaler yang daapt diperoleh hanya dengan resep dokter.

10. Mengunyah sesuatu
Mengunyah sesuatu, baik itu permen karet, buah, kacang-kacangan ataupun sayur dapat menggantikan aktifitas mulut yang terbiasa menghisap atau menghembuskan pada saat merokok.

Sumber : medicastore.com

Advertisements