berakrab-akrab dengan LAWAN JENIS

Biasanya, tidak ada masalah berarti untuk membuka percakapan antara sesama jenis. Masalah baru akan muncul bila Anda menghadapi lawan jenis. Rasa grogi pun muncul tanpa diundang. Sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kuasai triknya dan jadikan saat berakrab-akrab dengan lawan jenis menjadi momen mengasyikkan.

Langkah jitu menjalin percakapan dengan lawan jenis

  1. Stop rasa minder, takut, atau segan. Santai saja. Sepotong “hai” dan “apakabar” bisa menjadi pembuka yang netral dan tidak berlebihan.
  2. Bicarakan topik yang sama-sama diminati atau yang menghubungkan Anda dengannya. Kalau Anda ternyata bekerja di perusahaan yang sama dengan kantor cabang yang berlainan, tentunya urusan pekerjaan bisa menjadi bahan pembicaraan. Kalau ternyata tidak ada, pancinglah dengan pembicaraan ringan. Begitu Anda mengetahui minatnya, kembangkan pembicaraan.
  3. Ingatlah bahwa suatu percakapan adalah komunikasi dua arah. Kedua pihak berperan sebagai pembicara sekaligus pendengar yang baik. Masing-masing harus memberi kesempatan pada lawan bicaranya untuk mengemukakan pendapat. Pekalah menangkap isyarat yang diberikan oleh lawan jenis. Anda akan bisa merasa bila lawan bicara menghindari pertanyaan-pertanyaan tertentu.
  4. Jangan langsung bertanya masalah pribadi, misalnya apakah dia sudah punya pasangan atau belum. Bila merasa perlu memberitahu statusnya, dia pasti akan menyatakannya secarat tidak langsung, seperti “Oh, waktu tadi pagi pacar saya mengantar saya ke kantor…” Padahal, Anda sama sekali tidak bertanya.
  5. Biarkan semua mengalir dengan wajar. Tidak perlu dipaksa.
  6. Cobalah berbicara dengan nada yang agak direndahkan (jangan nada tinggi) agar kata-kata yang keluar dari mulut Anda tidak akan menyentak-nyentak.

Adakah cara cepat agar lihai bergaul dengan lawan jenis?

Tidak ada. Satu-satunya cara adalah banyak bergaul dan berbicara dengan lawan jenis. Alah bisa karena biasa.

Dos & Don’ts dalam berakrab-akraban dengan lawan jenis

Dos

  • Perluas wawasan dengan mengetahui hal-hal yang sedang tren, termasuk yang disukai oleh kalangan lawan jenis Anda. Dijamin, pembicaraan akan tambah lancar.
  • Jaga kebersihan dan kerapian diri. Tak bisa dipungkiri, daya tarik fisik memegang peranan penting dalam menjalin komunikasi dengan lawan jenis.

Don’ts

  • Terlalu akrab dengan lawan jenis yang sudah beristri/bersuami. Walaupun mungkin maksud Anda baik, hal ini mengundang gosip yang tak sedap.
  • Berakrab-akrab dengan lawan jenis yang menjadi bos di waktu kerja. Anda bisa melakukannya di saat informal seperti ketika piknik perusahaan atau pertemuan bersama keluarga.

 

Semoga bermanfaat.. :)
Sumber : ETIKET - Mien R. Uno
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s