berbicara dengan EFEKTIF

Kemampuan berbicara sangat penting dalam hidup sehari-hari. Selain kualitas pesan yang kita sampaikan, cara kita berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain juga memperlihatkan bagaimana pribadi kita sebenarnya. Jadi, sukses atau tidaknya pergaulan, bahkan karier sering kali ditentukan oleh kemampuan berbicara. Bekali diri dengan hal-hal berikut agar Anda mengoptimalkannya!

8 langkah bicara efekif :

  1. Rangkai kata-kata dengan baik. Gunakan tutur bahasa yang pantas dan berbasa-basilah seperlunya.
  2. Sesuaikan volume suara saat berbicara. Anda tidak perlu bicara keras-keras bila duduk berdekatan dengan lawan bicara Anda, bukan?
  3. Perhatikan nada suara. Nada yang monoton tentu akan membuat perhatian lawan bicara teralih dari pembicaraan dan mungkin sekali membosankan.
  4. Sesuaikan kecepatan dan gaya berbicara. Jangan berbicara terlalu cepat di depan umum. Bisa-bisa, maksud pembicaraan Anda tidak sampai.
  5. Perhatikan siapa yang Anda ajak bicara, dalam suasana apa, materinya apa, dan seterusnya. Ini penting, terutama bila urusan ini berkaitan dengan pekerjaan.
  6. Sikap duduk, berdiri, pandangan mata, dan sebagainya tak boleh dilupakan. Meski sepele, efeknya sangat besar! Misalnya, sungguh tak sopan jika pandangan mata Anda terarah ke tempat lain saat berbicara dengan orang lain.
  7. Gerak tangan dan tubuh, dan ekspresi wajah yang tepat akan membantu penyampaian maksud Anda.
  8. Bila Anda tidak sedang berbicara di depan umum, lakukan pembicaraan dua arah. Berbagai argumen yang muncul diharapkan menghasilkan kesimpulan positif.

Jangan lupa!

Selalu jaga sopan-santun dalam berkokmunikasi. Lebih-lebih kalau Anda berada di lingkungan baru. Mungkin Anda merasa kikuk ketika akan masuk ke dalam pembicaraan dengan orang-orang yang belum dikenal. Ini wajar-wajar saja. Tak usah langsung banyak bicara. Baca suasana, tunggu ada jeda, baru masuklah ke dalam pembicaraan dengan perlahan dan hati-hati. Jangan main potong saja.

Bagaimana bicara dengan mitra bisnis?

Lakukan hal yang sama seperti saat Anda membangun pembicaraan yang efektif. Yang perlu diperhatikan, pastikan bahwa apa yang Anda ucapkan selalu bermakna. Posisikan diri sebagai rekan bisnis yang aktif, tapi tidak mendominasi pembicaraan.

Bicara di depan umum

  • Kuasai topik dengan baik. Berikan bagian pembuka sebagai pengantar untuk masuk ke dalam materi pembicaraan. Kemudian, identifikasikan latar belakang permasalahan dan bahas masalahnya. Coba ajukan beberapa pilihan penyelesaian yang kemudian diikuti kesimpulan pendapat Anda. Terakhir, jangan lupa berterima kasih kepada para hadirin atau pendengar.
  • Pastikan Anda tahu siapa pendengar yang datang. Dengan demikian, Anda bisa membuat pembicaraan yang tepat sasaran.
  • Harap diingat sikap, mimik, dan gerakan saat bicara. Tataplah semua yang hadir dengan senyum seperlunya. Jangan hanya menatap satu orang atau satu titik saja.
  • Lakukan persiapan mental dan latihan. Ini akan mengurangi demam panggung.
  • Perhatikan penampilan fisik Anda. Penampilan yang rapi dan bersih akan memberi kesan yang baik.

Bicara dalam kelompok

8 langkah Bicara dengan Efektif masih tetap jadi kuncinya. Yang perlu perhatian ekstra adalah cara masuk dalam pembicaraan. Saat bicara dalam kelompok, dengarkan dulu pembicaraan orang lain secara seksama agar Anda tahu duduk persoalannya. Jadilah pendengar yang baik kecuali bila diminta mengeluarkan pendapat. Bila ingin berpendapat, lakukan dengan sopan, di saat yang tepat. Tidak usah mencari-cari masalah di luar agenda yang telah ditentukan. Selain itu, ada dua hal yang wajib dihindari: memotong pembicaraan dan terjebak dalam gurauan yang tidak pada tempatnya.

Kalau Anda menjadi pemimpin rapat

Pintar-pintarlah membaca situasi dan memahami pribadi-pribadi yang ikut dalam rapat secara cepat. Anda dituntut agar mampu berbicara dan mengendalikan jalannya rapat. Ini penting, agar rapat berjalan efektif.

Semoga bermanfaat.. :)
Sumber : ETIKET - Mien R. Uno

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s