memberi TEGURAN

Memberi teguran bukanlah soal mudah. Apalagi kalau yang akan ditegur adalah orang yang dihormati atau mungkin lebih tua. Dalam budaya kita, segalanya jadi serasensitif. Masing-masing kelompok etnis memiliki patokan sendiri-sendiri.
Normal saja kalau Anda takut salah langkah.

Kunci memberi teguran

  1. jangan beri teguran di depan umum. Usahakan agar jangan ada orang lain yang ikut  mendengar. Teguran ada hubungannya dengan “harga diri” seseorang. Jadi, dengan cara itu, Anda telah menjaga harga dirinya.
  2. Wajib hukumnya untuk menegur dengan kata0kata dan cara yang sopan. Bayangkan jika anda tidak melakukannya dengan sopan. Alih-ali didengarkan, orang yang ditegur bisa jadi mengamuk tak terkendali!
  3. Kemukakan dengan alasan yang jelas dan masuk akal. Tunjukkan bukti konkret yang mendukung.
  4. Bersikaplah konsekwen. Jika orang yang Anda tegur tetap mengulang kesalahan ulangi teguran plus sanksi—yang mungkin awalnya bisa disampaikan dengan nada bercanda. Tunjukkan bahwa  Anda serius.
  5. Kalau tidak mempan juga, berikan dalam bentuk tulisan. Ini bisa menjadi pendukung bila suatu saat terjadi perselisihan.

Kapan harus memberi teguran?

Jika kepentingan anda ataupun kepentingan umum menjadi terganggu. Bagaimanapun, hal itu tidak bisa dibiarkan begitu saja.
Anda tidak ingin menanggung kerugian gara-gara kesalahan yang tidak Anda perbuat, bukan?

Jangan kecewa kalau Anda…

Dikatai “anak ingusan”, “anak kemarin sore”, dan berbagai istilah yang meremehkan Anda. Ucapan seperti itu Cuma cara intimidasi yang terkadang digunakan oleh orang yang lebih tua dan merasa terdesak karena teguran Anda. Maju terus, pantang mundur! Kuasai diri, dan tunjukkan bahwa Anda benar.

Salah langkah

Berkata, “Pokoknya kerjakan saja apa yang saya katakan, tidak udah ditanyakan lagi. Nanti juga kamu mengerti kegunaan dan kebenarannya, “ sama sekali tidak akan berhasil. Semua orang butuh alasan untuk melakukan sesuatu.

Semoga bermanfaat.. :)
Sumber : ETIKET - Mien R. Uno
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s